Home » » Program Kerja

Program Kerja

Written By Admin on Senin, 22 April 2013 | 23.13

Kepala Madrasah | IMRON, S.Pd.I

A. Tugas dan Wewenang1. Bertanggung jawab terhadap maju mundurnya madrasah.
2. Bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan semua kegiatan madrasah.
3. Menjadi mitra guru dan pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
4. Mengambil kebijakan berdasarkan musyawarah.
5. Meminta pertanggungjawaban pimpinan yang ada di bawahnya.
6. Mewakili kegiatan keluar yang mengatasnamakan madrasah.
7. Menandatangani surat-surat yang mengatasnamakan madrasah.
8. Memimpin rapat-rapat madrasah.
9. Mengangkat dan membubarkan kepanitiaan kegiatan madrasah.
10. Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap kinerja personalia madrasah.
11. Menjalin kemitraan dengan pihak-pihak luar yang bertujuan untuk memajukan madrasah.

***


Wakil Kepala Madrasah | AHMAD FADHOLI S.Pd.I

A. Tugas dan Wewenang
  1. Membantu Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
  2.  Mewakili Kepala Madrasah jika kepala madrasah berhalangan untuk keperluan acara rapat atau keperluan keluar.
  3.  Membantu Kepala Madrasah dalam mengkoordinasikan tugas-tugas wakil kepala madrasah bidang (Kurikulum, Kesiswaan, Humas, dan Sarpras).
  4.  Membantu Kepala Madrasah dalam memimpin rapat-rapat madrasah.
  5.  Bisa mewakili Kepala Madrasah dalam memimpin rapat-rapat madrasah dengan catatan sebelumnya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Madrasah.
***
Wakabid Kurikulum | ARIF RAHMAN HAKIM, S.E.

A. Tugas dan Wewenang
  1.   Atas nama kepala madrasah bertanggungjawab terhadap kegiatan kurikulum.
  2.  Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat mewakili madrasah untuk meng-ikuti kegiatan keluar yang berhubungan dengan kegiatan kurikulum.
  3.  Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat memimpin rapat-rapat madrasah yang berhubungan dengan kegiatan kesiswaan.
  4.  Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat memimpin rapat-rapat madrasah yang berhubungan dengan kegiatan kurikulum.
  5.  Mengkoordinasi kegiatan MGMP, Adm. Kurikulum, Penbelajaran klinik, matri-kulasi, dan remedial, Media Pembl.dan Perpustakaan, Olimpiade MIPA, dan kelas BP.
  6.  Menyusun program kerja kurikulum.
  7.  Melakukan inovasi dan evaluasi kurikulum.
  8.  Merumuskan Prosedur Operasi Standar (POS) yang berkaitan dengan kegiatan bidang kurikulum dan mengawal pelaksanaannya.
  9.  Membantu Koordinator MGMP, Adm. Kurikulum, Penbelajaran klinik, matri-kulasi, dan remedial, Media Pembelajaran dan Perpustakaan, Olimpiade MIPA, dan kelas BP dalam menyusun program kerja.
  10.  Mengkoordinasikan kegiatan Koordinator GMP, Wali Kelas, Kepala Lab., Kepala Perpustakaan, dan Kepala Lembaga Bahasa dan Hapalan.
  11.  Membuat kalender akademik dan jadwal pelajaran.
  12.  Membuat evaluasi hasil KBM termasuk di dalamnya membuat daya serap dan grafik prestasi siswa untuk setiap mata pelajaran.
  13.  Mengadakan pengkajian, pendidikan, dan pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi guru.
  14.  Melakukan inovasi dan evaluasi dalam hal pengembangan akademik dan pengembangan tenaga pendidik.
  15.  Dengan berkoordinasi dengan kepala madrasah menjalin kemitraan dengan pihak-pihak luar untuk kemajuan madrasah bidang kurikulum.
  16.  Membuat laporan secara tertulis tentang pelaksanaan program-program kegiatan kurikulum yang dilaporkan kepada Kepala Madrasah sewaktu-waktu jika dimin-ta dan atau disampaikan pada forum rapat koordinasi atau rapat kerja madrasah.
  17.  Melaksanakan supervisi terarah dan sistemik.

B. Program Bidang Kurikulum
Bidang Administrasi
  1.  Menyusun Kurikulum MTsN Pamulang secara lengkap dan rapi yang di dalamnya juga menjelaskan kekhasan dari jenis-jenis kelas.
  2.  Mengkoordinasikan penyusunan RPP yang di dalamnya mengintegrasikan pengembangan akhlak mulia.
  3.  Menyusun raport atau lembar laporan perkembangan akhlak dan prestasi siswa.
  4.  Membuat SOP guru dalam pembelajaran (merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, tindak lanjut).
  5.  Menyediakan portofolio siswa dalam bidang pembelajaran dan memonitor serta mengevaluasi pengelolaannya.
  6.  Membuat kalender pendidikan tahun pembelajaran 2011/2012.
  7.  Distribusi Pembagian tugas guru dan job deskripsi yang jelas.
  8.  Mengagendakan bank soal.
  9.  Menyusun peta konsep. 
 Bidang Pembelajaran
  1.  Menyediakan persiapan pembelajaran secara optimal, baik persiapan administrasi maupun media atau alat pembelajaran.
  2.  Memantau pelaksanaan pembelajaran agar sejalan dengan program PAIKEM yang melatih siswa untuk: berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, mampu menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari, mengembangkan kerjasama, dan mendorong untuk melakukan pelatihan dan penelitian.
  3.  Merumuskan KKM setiap bidang studi, mendokumentasi, serta mengeva-luasinya.
  4.  Mengkoordinasikan program bimbingan atau pengayaan belajar siswa kelas VII,VII,IX.
  5.  Melaksanakan program pembelajaran klinik dan remedial secara tepat sehingga mampu membantu siswa meningkatkan kemampuannya.
  6.  Merumuskan kriteria kenaikan kelas dan kelulusan.
  7.  Merumuskan standar pembelajaran kelas BP, Sains, Bilingual, Agama, dan Sosial, serta sistem monitoring dan evaluasinya.
  8.  Mengkoordinasikan pelaksanaan program hafalan dan ujiannya.
  9.  Menerbitkan sertifikat Praktik Ibadah dan hafalan ( Fiqh dan BTQ).
  10.  Menyelenggaran program pembelajaran matrikulasi. 
Bidang Evaluasi
  1.  Menyelenggarakan ujian formatif, subsumatif, sumatif, UN, dan UAMBN secara komprehensif, sportif, dan objektif.
  2.  Menyelenggarakan ujian praktik ibadah dan ujian komprehensif hafalan.
  3.  Mengkoordinasikan pelaksanaan ujian hafalan.
  4.  Mengadministrasikan hasil-hasil ulangan dan ujian dengan menggunakan teknologi informasi (IT). 
***
Wakabid Kesiswaan | TAHMID, A.Ma.Pd.OR, S.Pd.I

 A. Tugas dan Wewenang
1. Atas nama Kepala Madrasah bertanggungjawab terhadap kegiatan kesiswaan.
2. Mengkoordinasi kegiatan OSIS, Pembina Pengembangan Diri, Pramuka, UKS, ICBC, BK-PIKR.
3. Menyusun program kerja dan profil kegiatan bidang kesiswaan.
4. Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat mewakili madrasah untuk mengikuti kegiatan keluar yang berhubungan dengan kegiatan kesiswaan.
5. Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat memimpin rapat-rapat madrasah yang berhubungan dengan kegiatan kesiswaan.
6. Melakukan pengembangan dan inovasi kegiatan kesiswaan.
7. Membuat grafik prestasi kegiatan kesiswaan.
8. Merumuskan Prosedur Operasi Standar (POS) yang berkaitan dengan kegiatan bidang kesiswaan dan mengawal pelaksanaannya.
9. Berkoordinasi dengan Kepala Madrasah menjalin kemitraan dengan pihak-pihak luar untuk kemajuan madrasah bidang kesiswaan.
10. Membuat laporan secara tertulis tentang pelaksanaan program-program kegiatan kesiswaan yang dilaporkan kepada Kepala Madrasah sewaktu-waktu jika diminta dan atau disampaikan pada forum rapat koordinasi atau rapat kerja madrasah. 


B.  Program Bidang Kesiswaan
1. Menyempurnakan tatatertib siswa yang mendukung bagi terbudayanya akhlak mulia dalam keseharian siswa di madrasah.
2. Mengkoordinasikan program pembinaan pengembangan diri, yaitu:
a. Pramuka
b. KKR
c. Band
d. Marawis
e. Tilawah/Qiro’ah
f. Teater
g. Tari Saman
h. Drumband
i. Paduan suara
j. Taekwundo
k. Futsal
l. Basket
m. Volly
n. KIR
o. Elektro
p. Sanggar Pena
 Moto 3M = merangsang, mengigit, dan membahana.
3. Program Pengembangan diri
a. Menghadirkan pelatih profesional untuk: marchingband, footsal, tari saman, dan bola basket.
b. Mengikuti lomba dan kejuaraan tingkat daerah maupun tingkat nasional.
c. Mengisi acara di Tangerang Selatan, Banten, dan Nasional: drumband, marawis, tari saman, dan paduan suara.
d. Melengkapi peralatan kegiatan pengembangan diri untuk drumband.
 4. Program Penegakan Tata tertib Siswa
a. Melakukan razia rambut, kuku, dan pakaian
b. Melakukan razia tas dan dompet, HP, motor, senjata tajam, rokok, dan miras
c. Menindak atau memberikan sanksi bagi siswa yang melakukan pelanggaran baik di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah sepanjang masih berada dalam jam belajar.
d. Bekerjasama dengan pihak-pihak luar untuk melakukan pembinaan siswa, seperti kepolisian, BNN, dan sebagainya.
e. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi (baik bidang akademik maupun nonakademik) berdasarkan indeks penghargaan yang sudah ditetapkan.
f. Stategi penegakan tata terti:
1) Kartu kendali siswa;
2) Permission Card (PC);
3) Buku kendali;
4) Pendataan siswa;
5) Arsip data siswa yang lemah belajar;
6) Surat izin meninggalkan kelas/sekolah;
7) Mekanisme penyelesaian kasus;
Catatan
a. Jenis pengembangan diri didasarkan pada hasil pemilihan siswa.
b. Untuk pengembangan diri bidang akademik perlu ditentukan dan kemudian ditawarkan kepada siswa.
***

 

Wakabid Humas & Peningkatan Mutu | KHOSIM, S.Pd.I

A.   Tugas dan Wewenang 
  1. Atas nama Kepala Madrasah bertanggungjawab terhadap kegiatan hubungan masyarakat dan pengembangan sumberdaya manusia, termasuk di dalamnya pemberdayaan alumni dan orang tua siswa. 
  2.  Menyusun program kerja bidang HUMAS dan melaksanakannya. 
  3. Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat mewakili madrasah untuk mengikuti kegiatan keluar yang berhubungan dengan kegiatan HUMAS. 
  4. Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat memimpin rapat-rapat madrasah yang berhubungan dengan kegiatan HUMAS.
  5. Mengkoordinasi kegiatan: Kerjasama, Publikasi dan Dokumentasi, Pemberdayaan Alumni dan Orang Tua.
  6. Membuat profil SDM madrasah, baik profil tentang guru maupun pegawai.
  7. Merumuskan Prosedur Operasi Standar (POS) yang berkaitan dengan kegiatan bidang HUMAS dan mengawal pelaksanaannya.
  8. Berkoordinasi dengan Kepala Madrasah menjalin kemitraan dengan pihak-pihak luar untuk kemajuan madrasah.
  9. Membuat laporan secara tertulis tentang pelaksanaan program-program kegiatan HUMAS yang dilaporkan kepada Kepala Madrasah sewaktu-waktu jika diminta dan atau disampaikan pada forum rapat koordinasi atau rapat kerja madrasah.
  10. Mengelola Website Madrasah secara profesional dan berkualitas.
  11. Melakukan pendataan Alumni dan Orang Tua siswa serta memberdayakannya.


 B.  Program Bidang Humas
  1. Bekerjasama dengan FITK-UIN atau lembaga-lembaga profesi keguruan untuk pembinaan kompetensi guru.
  2. Bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mensukseskan program Olimpiade Matematika tingkat SD/MI se-Privinsi Banten dan sekitarnya.
  3. Bekerjasama dengan media masa, terutama pers lokal—Tangsel Pos, Satelit News, dan Tangerang Raya—untuk kepentingan publikasi madrasah.
  4. Bekerjasama dengan media masa, terutama pers lokal untuk pelatihan jurnalistik bagi siswa.
  5. Mendata dan memberdayakan alumni untuk peningkatan dan pengembangan program-program madrasah.
  6. Mendata potensi orang tua dan memberdayakannya untuk peningkatan dan pengembangan program-program madrasah melalui berbagai program, antara lain: pembinaan, seminar, workshop, atau semacamnya.
  7. Mendokumentasikan seluruh data dan kegiatan madrasah.
  8. Mengelola Website Madrasah secara profesional.
  9. Memberikan layanan informasi pada orang tua tentang sekolah atau madrasah lanjutan dan membantu siswa mendaftar ke sekolah atau madrasah yang dituju.
***



Wakabid Sarana Prasarana | MASRUHAN, A.Ma.Pd.OR.

A. Tugas dan Wewenang

1. Atas nama Kepala Madrasah bertanggungjawab terhadap kegiatan bidang sarana dan prasarana madrasah.
2. Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat mewakili madrasah untuk mengikuti kegiatan keluar yang berhubungan dengan kegiatan sarana dan prasarana madrasah.
3. Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat memimpin rapat-rapat madrasah yang berhubungan dengan kegiatan sarana dan prasarana madrasah.
4. Atas pendelegasian Kepala Madrasah dapat memimpin rapat-rapat madrasah yang berhubungan dengan kegiatan sarana dan prasarana madrasah.
5. Menyusun program kerja bidang sarana dan prasarana madrasah.
6. Mengkoordinasi kegiatan SABMN, Lab. Bahasa, Komputer, dan Elektro; Lab. IPA.
7. Melakukan inovasi dan evaluasi pengadaan dan pengembangan sarana dan prasarana madrasah.
8. Merumuskan Prosedur Operasi Standar (POS) yang berkaitan dengan kegiatan bidang sarana dan prasarana madrasah dan mengawal pelaksanaannya.
9. Berkoordinasi dengan Kepala Madrasah menjalin kemitraan dengan pihak-pihak luar untuk pengembangan dan kemajuan sarana dan prasarana madrasah.
10. Membuat laporan tertulis tentang kegiatan bidang sarana dan prasarana yang ditujukan kepada Kepala Madrasah dan disampaikan di depan forum musyawarah madrasah setiap satu tahun sekali.


 B.  Program Bidang Sarana Prasarana
1. Pemenuhan standar kelas dalam hal sarana dan prasarananya (pintu, jendela, meja, kursi, papan tulis, almari, dan sebagainya).
2. Pemenuhan kebutuhan alat dan media pembelajaran (LCD, CD Pembelajaran, internet, dsb).
3. Pemenuhan perangkat sistem administrasi (sistem pengelolaan keuangan, persuratan, inventarisasi barang, administrasi kesiswaan, dan administrasi kepegawaian).
4. Pemenuhan perangkat sistem administrasi hasil-hasil ulangan dan ujian dengan menggunakan teknologi informasi (TI) dan bisa disajikan secara online.
5. Melaksanakan perawatan gedung dan lingkungan madrasah (pengecatan, perbaikan, dan penataan lingkungan).
6. Peremajaan Lab. Komputer yang representatif.
7. Pengadaan alat absensi elektronik.
8. Pengadaan AC, TV, VCD, atau kipas angin secara bertahap.
9. Pembuatan denah, papan vocab, dan pelabelan nama ruang.
10. Penambahan pengadaan tabung pemadam api.
11. Melakukan pengadministrasian sarana prasarana secara periodik setiap triwulan, semester, dan akhir tahun.
12. Melengkapi alat pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran, baik konvensional, maupun digital.
13. Memberikan suport terhadap guru untuk pemanfaatan sarana secara tepat guna.
14. Menginventarisasikan alat dan sarana secara baik dan benar.
15. Melengkapi media pembelajaran yang terkini.
16. Bekerjasama dengan pihak terkait, baik vertikal/lintas sektoral untuk pengadaan alat-alat pembelajaran.
17. Pengadaan kendaraan operasional dan sopirnya.
18. Pembangunan aula madrasah.
19. Pengurugan dan pemagaran tanah HGB dari Walikota.
20. Pengadaan kursi, sarana dan prasarana pembelajaran kelas BP yang baru.
21. Pengadaan mesin jet pump.
22. Pengadaan printer per MGMP 1 printer.
23. Penambahan kursi guru.
24. Penggantian komputer dari koperasi.
25. Pengadaan alat rajang sampah organik.
26. Radio panggil kelas.
27. Pengadaan peralatan masak.
28. Pengadaan almari penyimpanan alat atau media pembelajaran.
29. Pengadaan almari arsip nilai.
30. Pembuatan jobdis petugas pramubakti .
31. Pengadaan rak green house.
32. Pengadaan jadwal waktu shalat elektrik.
33. Pengaturan arus listrik.
34. Peningakatan mutu internet.
35. Peremajaan sofa tamu.
36. Pengurusan surat-surat tanah.
37. Merintis pengadaan CCTV.
38. Membangun ruang kepala madrasah menjadi 2 lantai.
39. Membuat maket madrasah.
40. Pembangunan lapangan sepak bola di lahan baru.
41. Pembangunan lapangan lompat jauh.
42. Ruang menyimpanan karya siswa.
43. Pengadaan papan petak untuk pembelajaran Matematika.
44. Papan nama petugas pramubakti.

Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Tahmid Zamzami | MTs. NU Sitail Jatinegara
Copyright © 2011. MTs. NU SITAIL JATINEGARA TEGAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MTs. NU Sitail Jatinegara
Proudly powered by Tahmid Zamzami